Diary Masa (terlalu) Muda

IMG_9969Dari pertama kali bisa menulis, gw udah mulai menulis diary (yang akhirnya keterusan sampe ke jaman internet ini). Foto di atas adalah foto diary pertama gw yang gw tulis dari umur 6 – 10 tahun. Buku diary gambar Little Bob Dog ini lagi nge-hits banget saat itu. Terus di kelas 4 SD, semua anak SD yang gw kenal terjangkit virus biodata, yaitu tuker-tukeran biodata lengkap dengan data makanan favorit dan pantun-pantunan. Entah lah ya anak SD jaman sekarang ngerasaain ini apa enggak, mungkin mereka gak tau apa itu diary, taunya Snapchat dan Live IG.

Waktu umur 10 tahun, gw memergoki nyokap gw yang lagi baca buku diary gw tanpa izin. Dari kecil kayaknya gw udah menjunjung tinggi konsep privasi jadi saat itu gw marah besar dan berjanji gak mau nulis diary lagi setelah insiden pelanggaran privacy oleh ibu kandung tsb. Ternyata gw gak tahan kalo gak nulis, jadi gw ganti strategi menulis. I didn’t want to keep it, jadi setelah habis nulis, kertasnya gw sobek-sobek, sampe-sampe gw kena marah juga karena kerjaannya buang-buang kertas. Ternyata nyokap gw lebih menghargai kertas daripada privasi dan kepercayaan anaknya. Sedih.

Tahun lalu gw gak sengaja nemuin diary pertama gw ini. Dulu, rasanya diary gw ini adalah top secret dan harus dijaga karena isinya penting banget. Setelah gw baca 20 tahun kemudian, gw merasakan gedubrag moment karena waktu SD dulu mungkin gw delutional. Siapa juga yang mau maling diary anak SD begini sih yang isinya cuma agenda maen ke rumah si Ewin tetangga sebelah rumah.

Anyway, diary gw ini memberikan gw fakta-fakta tentang masa kecil gw yang baru gw sadari sekarang. Ini beberapa di antaranya:

Bahkan dari umur 6 tahun pun gw udah tau kalo buku yang baik itu harus punya intro.

IMG_9972

Ternyata gw pernah jadi anak penurut, demi Mama, gw rela cuci otak. Kandas cita-cita gw show bareng Agnes Monica Tralalal Trilili.

diary 1

Dari umur 6 tahun ternyata gw adalah seorang cerpenis alias penulis cerita pendek. Bukan hanya pendek, tapi super pendek! Mungkin saat itu gw terinspirasi oleh karya 6 katanya Hemingway!

IMG_9977

Bukan hanya cerpen, tapi juga puisi dengan berbagai macam tema, dari tema kesepian sampe nasionalis. Kalo aja bakat puisi kesepian ini diasah, mungkin gw udah jadi kayak Adele.

IMG_9983

IMG_9982

Kadang tulisan gw juga kayak orang yang mengidap masalah kejiwaan karena semua benda mati gw anggap hidup dan seolah-olah mereka temen ngobrol gw yang bernyawa, gw suka ngomong sama robot-robotan, mobil-mobilan, lego, sampe diary.

IMG_9980IMG_9979

Kalo aja dulu udah ada vlog, begini lah kira-kira konten daily vlog gw:

Juga ada perseteruan sengit antara gw dan kakak gw. Nasib seorang adik yang ‘disiksa’ kakaknya yang tidak tahu terimakasih.

IMG_9986IMG_9985

Ketika sedang bahagia, gw anaknya tidak suka pamer karena kata ibu guru PPKn, pamer itu sifat yang tidak baik. Sebagai anak yang selalu dapet rangking baik (hanya sekali terjun bebas karena kecelakaan mobil), gw tidak boleh memiliki sifat yang tidak baik. Rakus boleh, pamer jangan.

Terakhir, entah kenapa ini favorit gw. IMG_9993

Leave a Reply

